Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Naskah dibuat menggunakan Microsot Office Word 2010.
  • Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5, ukuran kertas A4 dan marjin 2 cm untuk semua sisi, serta jumlah halaman 15-20.
  • Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan gaya naratif.
  • Judul tidak melebihi 12 kata dalam Bahasa Indonesia.

Petunjuk Penulisan JURNAL


APLIKASI STATISTIKA & KOMPUTASI STATISTIK


 


Naskah dikirim dalam bentuk softcopy ke alamat email pppm@stis.ac.id disertai dengan daftar riwayat hidup ringkas penulis. Format naskah mengacu pada Petunjuk Penulisan Naskah berikut:


 


Naskah dibuat menggunakan Microsot Office Word 2010. Seluruh bagian dalam naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5, ukuran kertas A4 dan marjin 2 cmuntuk semua sisi, serta jumlah halaman 15-20. Untuk kepentingan penyuntingan naskah, seluruh bagian naskah (termasuk tabel, gambar dan persamaan matematika) dibuat dalam format yang dapat disunting oleh editor.


Gaya penulisan naskah untuk Jurnal Aplikasi Statistika dan Komputasi Statistik ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan gaya naratif. Pembabakan dibuat sederhana dan sedapat mungkin menghindari pembabakan bertingkat. Tabel dan gambar harus mencantumkan sumber jika dari data sekunder. Tabel, gambar dan persamaan matematika diberi nomor secara berurut sesuai dengan kemunculannya. Semua kutipan dan referensi dalam naskah harus tercantum dalam daftar pustaka, dan sebaliknya sumber bacaan yang tercantum dalam daftar pustaka harus ada dalam naskah. Format sumber: Nama Penulis dan Tahun. Nomor dan judul table diletakkan di bagian atas table dan dicetak tebal, sedangkan nomor dan judul gambar diletakkan di bagian bawah gambar dan dicetak tebal.


 


Bagian naskah berisi:


Judul. Judul tidak melebihi 12 kata dalam Bahasa Indonesia.


Data Penulis. Berisi nama lengkap semua penulis tanpa gelar, asal institusi, dan alamat email.


Abstrak. Ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maksimum 100 kata untuk masing-masing abstrak dan berisikan tiga hal yaitu topik yang dibahas, metodologi yang dipergunakan dan hasil yang didapatkan.


Kata Kunci. Berisi kata atau frasa (maksimum 5 subjek) yang sering dipergunakan dalam naskah dan dianggap mewakili dan atau terkait dengan topik yang dibahas.


Pendahuluan. Memuat latar belakang, studi sebelumnya yang relevan, permasalahan ataupun hipotesis yang akan diuji dalam penelitian, ruang lingkup penelitian, serta tujuan dari penelitian.


Metodologi terdiri atas:


Tinjauan Referensi. Bagian ini menguraikan landasan konseptual dari tulisan dan berisi alasan teoritis mengapa pertanyaan penelitian dalam artikel diajukan. Di samping itu penulis dapat mengutip studi yang relevan sebelumnya untuk melengkapi justifikasi mengenai kerangka pikir penelitian.


Metode Analisis. Bagian ini berisi informasi teoritis dan teknis yang cukup memadai untuk pembaca dapat mereproduksi penelitian dengan baik termasuk di dalamnya uraian mengenai jenis dan sumber data serta variabel yang digunakan. Dalam hal keperluan verifikasi hasil, editor dan mitra bestari (reviewer) berhak meminta data mentah (raw data) yang digunakan penulis.


Hasil dan Pembahasan. Tuliskan hasil yang didapat berdasarkan metode yang digunakan disertai analisis terhadap variabel-variabelnya . Dapat disajikan berupa tabel, gambar, hasil pengujian hipotesis dengan disertai uraian analitis yang mengangkat poin-poin penting berdasarkan konsepsi teoritisnya.


Kesimpulan dan Saran. Bagian ini memuat kesimpulan dari hasil dan implikasinya secara akademis, dan saran yang dapat diberikan berdasarkan temuan dari pembahasan. Bagian ini juga memuat keterbatasan penelitian dan kemungkinan penelitian lanjutan yang dapat dilakukan dengan penggunaan/pengembangan variabel, metode analisis ataupun cakupan wilayah penelitian lainnya.


Daftar Pustaka. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan abjad dengan ketentuan sebagai berikut:


Publikasi Buku


Penulis satu orang


Enders, Walter. 2010. Applied Econometric Time Series, Third Edition. New Jersey: Wiley.


Penulis dua orang


Pyndick, Robert. S. dan Rubinfeld, Daniel L. 2009. Microeconomics, Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education.


Penulis tiga orang


Fotheringham, A. S., Brunsdon, C, dan Charlton, M. 2002. Geographically Weighted Regression: The Analysis of Spatially Varying Relationships. West Sussex: John Wiley & Sons.


Artikel dalam jurnal


Romer, P. 1993. Idea Gaps and Object Gaps in Economic Development. Journal of Monetary Economics, Vol. 32 (3), 543–573.


Artikel online


Woodward, Douglas P. 1992. Locational Determinants of Japanese Manufacturing Start-Ups in the United States. Southern Economic Journal, Vol. 58 (3), 690-708. http://www.jstor.org/discover/10.2307/1059836 (Diakses 1 Sepetember, 2014).


Buku yang ditulis oleh lembaga atau organisasi


BPS. 2009. Analisis dan Penghitungan Tingkat Kemiskinan 2008. Jakarta: BPS.


Kertas kerja (working papers)


Edwards, S. 1990. Capital Flows, Foreign Direct Investment, and Debt-Equity Swaps in Developing


Countries. NBER Working Paper, 3497.


Makalah yang direpresentasikan


Zhang, Kevin H. 2006. Foreign Direct Investment and Economic Growth in China: A Panel Data Study for 1992-2004. Conference of WTO, China, and Asian Economies. Beijing.


Karya yang tidak dipublikasikan


Hartono, Djoni. 2002. Analisis Dampak Kebijakan Harga Energi terhadap Perekonomian dan Distribusi Pendapatan di DKI Jakarta: Aplikasi Model Komputasi Keseimabangan Umum (Computable General Equilibrium Model. Tesis. Jakarta.


Artikel di koran, majalah, dan periodik sejenis


Reuters. (2014, September 17). Where is Inflation?. Newsweek.