Efisiensi Metode EBLUP pada Small Area Estimation

Studi Kasus: Estimasi Persentase Penduduk Miskin di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2017

Authors

  • Easbi Ikhsan STIS

DOI:

https://doi.org/10.34123/jurnalasks.v10i2.113

Keywords:

EBLUP, Kemiskinan, MSE, relative efficiency, SAE

Abstract

ABSTRAK

Kemiskinan merupakan masalah multidimensional yang membutuhkan perhatian pemerintah dan segenap unsur masyarakat yang ada. Hal ini dikarenakan masalah kemiskinan mencakup berbagai aspek kehidupan. Ketersediaan data kemiskinan hingga wilayah terkecil sangat diperlukan agar program dan kebijakan pengentasan kemiskinan dapat dilaksanakan tepat sasaran. Seiring dengan berkembangnya pemerintahan, sistem pengambilan keputusan di setiap daerah membutuhkan ketersediaan data yang akurat dan representatif hingga ke wilayah terkecil. Permasalahan muncul ketika ingin diperoleh informasi kemiskinan untuk area kecil dengan desain survei Susenas Badan Pusat Statistik (BPS). Tingkat presisi hasil estimasi yang diperoleh menjadi rendah karena sampel yang digunakan terlalu sedikit. Hal ini dikarenakan sampling design BPS dirancang untuk estimasi langsung tingkat area yang luas seperti nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Salah satu upaya untuk dapat melakukan estimasi hingga area kecil tanpa harus menambah jumlah sampel adalah Small Area Estimaton (SAE). Pada SAE dengan metode Empirical Based Linear Unbiased Prediction (EBLUP) berbasis area level serta menggunakan variabel penyerta mampu memberikan nilai estimasi yang lebih baik dibandingkan hasil estimasi langsung. Dari sampel yang tersedia, kecukupan presisi SAE dapat diketahui dengan melakukan simulasi bootstrap resampling pada ukuran sampel yang berbeda. Selanjutnya, dilakukan evaluasi dari simulasi yang telah dilakukan dengan melakukan penghitungan nilai relative efficiency sebagai perbandingan Mean Squared Error (MSE) dari SAE dengan estimasi langsung. Hasil penghitungan relative efficiency menunjukkan bahwa estimasi SAE metode EBLUP pada ukuran sampel 60 persen dari ukuran sampel Susenas sudah mampu menghasilkan presisi yang hampir sama dengan estimasi langsung dari sampel Susenas tersebut.

Kata kunci: EBLUP, kemiskinan, MSE, relative efficiency, SAE

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2017). Berita Resmi Statistik Profil Kemiskinan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2014-2016. Nusa Tenggara Timur: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2018). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Edisi 93. Jakarta: BPS
Badan Pusat Statistik. (2017). Potensi Ekonomi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur: BPS
Badan Pusat Statistik. (2018). Definisi kemiskinan dan Penduduk Miskin. www.bps.go.id. Diakses pada bulan Maret 2018.
Ghosh and Rao. (1994). Small Area Estimation: An Appraisal. Institute of Mathematical Statistics is collaborating with JSTOR to digitize. preserve. and extend access to Statistical Science.
Rao. J. (2003). Small Area Estimation. United States of America: John Wiley & Sons. Inc.
Rao. J. (2014). A Comparison of Small Area Estimation Methods for Poverty Mapping. Calle Madrid: Universidad Carlos III de Madrid.
Rao. JNK dan Molina (2015). Small Area Estimation 2nd Edition. New York: John Wiley and Sons. Inc.
Sadik. K. dan Notodiputro. K.A. 2006. Small Area Estimation with Time and Area Effects Using Two Stage Estimation. Proceeding at the First International Conference on Mathematics and Statistics. MSMSSEA. 19-21 June 2006. Bandung. 32
Singh, Daroga dan Chaudhary, Fauran S. (1986). Theory and Analysis of Sample Survey Designs, Wiley Eastern Limited
Wijaya, A., Darsyah, M. Y., & Suprayitno, I. J. (2017). Small Area Estimation Pada Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Tengah Dengan Pendekatan Empirical Best Linier Unbiased Prediction. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Yang. Yuhong. (2007). Consistency of Cross Validation for Comparing Regression Procedures. Institute of Mathematical Statistics. University of Minnesota.

Published

2018-12-31

How to Cite

Ikhsan, E. (2018). Efisiensi Metode EBLUP pada Small Area Estimation: Studi Kasus: Estimasi Persentase Penduduk Miskin di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2017. Jurnal Aplikasi Statistika & Komputasi Statistik, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.34123/jurnalasks.v10i2.113