Determinan Partisipasi Sekolah Anak Penyandang Disabilitas di Indonesia Tahun 2015
DOI:
https://doi.org/10.34123/jurnalasks.v11i2.131Keywords:
disability, children with disabilities, education, school participation, multilevel logistic regressionAbstract
Partisipasi bersekolah anak penyandang disabilitas di Indonesia masih rendah serta masih banyak anak disabilitas yang belum mendapat pendidikan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel pada level individu dan pada level provinsi yang memengaruhi partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas di Indonesia berdasarkan data Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS 2015). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah multilevel regresi logistik biner dua level. Hasil yang didapatkan antara lain variabel-variabel pada level individu yang signifikan memengaruhi partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas yaitu tingkat kesulitan disabilitas anak, jenis disabilitas anak, tingkat pendidikan Kepala Rumah Tangga (KRT), serta daerah tempat tinggal. Kemudian variabel-variabel pada level provinsi yang signifikan memengaruhi partisipasi sekolah anak penyandang disabilitas adalah rasio ketersediaan Sekolah Luar Biasa (SLB) dan jarak ketersediaan SLB.